SPBU Reguler tak Jual BBM Premium, Anak Buah Erick Thohir Jelaskan Penyebab, Singgung Menteri LHK


WALAKNEWS.com [Tarakan] – SPBU reguler tak lagi jual BBM jenis Premium, anak buah Menteri BUMN Erick Thohir jelaskan penyebab, singgung Menteri LHK.

Bahan Bakar Minyak (BBM) premium per Januari 2021 resmi tidak lagi diperjualkan di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kota Tarakan.

Dibeberkan Azri Ramadan Tambunan, Sales Branch Manager (SBM) Pertamina Regional V Kaltimut, kebijakan ini mengikuti instruksi pemerintah pusat dan mendorong konsumen menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan sesuai Permen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2018.

“Kalau premium itu kan, nilai oktan (RON) 88. Untuk kendaraan juga sebenarnya tidak dianjurkan memakai premium lagi,” ujar Azri Ramadan.

Sehingga lanjutnya, dengan kondisi dan spesifikasi kendaraan saat ini rerata mensyaratkan RON 90.

Ia melanjutkan jika premium sudah tidak lagi diperjualkan, maka otomatis jatah untuk pertalite yang ditambahkan.

“Pembeli premium bakal beralih ke pertalite atau ke pertamax,” ujarnya.

Ia melanjutkan, dasar paling utama premium tidak lagi dijual karena melihat kebutuhan penggunaan BBM kendaraan. Umumnya sekarang ini lanjut Azri membutuhkan BBM dengan RON 90.

Seiring penghilangan premium lanjut Azri, Pertamina merilis program Langit Biru. Adapun program Langit Biru dimaksudkan untuk menggantikan premium juga solar.

“Kalau saat ini yang digunakan bukan lagi solar, tapi bio solar dan dexlite,” pungkasnya.[adm]

Berita Terkait

Top